Photo: BeLa Sportfoto

Klub raksasa tenis meja Jerman, Borussia Dusseldorf tak berhenti mencetak prestasi musim ini. Setelah sukses memenangkan gelar juara Liga Champion Eropa pada Desember lalu, Sabtu (9/01) kemarin klub yang diperkuat Timo Boll ini berhasil menjadi yang terbaik dalam Piala Jerman LIEBHERR CUP yang merupakan ajang turnamen antar klub lintas divisi di Jerman. Setelah ini mereka membidik gelar berikutnya yaitu gelar juara Liga Tenis Meja Jerman, Tischtennis Bundesliga, untuk keempat kali berturut-turut.

Dilansir dari situs Uni Tenis Meja Eropa ettu.org, Timo Boll sangat gembira dengan gelar juara ini.
“Ini adalah kemenangan yang luar biasa,” kata bintang utama Borussia Dusseldorf ini setelah mengantarkan klubnya memenangkan gelar ke-27 sepanjang sejarah klub. Pada partai final melawan musuh bebuyutan, TTF Liebherr Ochsenhausen, Timo Boll menyumbangkan dua kemenangan untuk membantu Borussia Dusseldorf memenangkan partai final dengan skor 3-1.

“Melawan Ochsnhausen kami selalu merasa sebagai pemburu,” Boll menambahkan. “Kemenangan yang membuat kami merasa lebih baik. Selalu menyenangkan untuk berdiri lebih tinggi dari yang lain.”

Baru pada pertengahan Desember kemarin Borussia Dusseldorf memenangkan gelar Juara Liga Champion Eropa, dan sekarang mereka berharap akan mampu meraih treble keempat dalam sejarah klub setelah tahun 2010, 2011, & 2018 ketika menjuarai Liga Jerman, Piala Jerman, dan Liga Champions Eropa. Musim ini hanya tinggal Liga Jerman saja yang masih berlangsung, namun dihentikan sementara, di mana Borussia Dussledorf memimpin klasemen sementara setelah musim berjalan sedikit melewati setengah musim kompetisi.

Dalam turnamen Final Four Piala Jerman kali ini, tidak hanya Timo Boll yang bersinar dengan kemenangan 3-0 atas juara Amerika Utara Kanak Jha dan 3-1 atas bintang Brazil Hugo Calderano. Kristian Karlsson, juga layak untuk diacungi jempol dalam pertandingan Sabtu lalu. Setelah tertinggal 0-2 dari Calderano, pemain kunci Swedia ini bangkit dan berbalik unggul 3-2 dan membawa Dusseldor ke jalan menuju sukses.

“Aku adalah seorang petarung. Aku pantang untuk menyerah dan hanya fokus bermain.” kata Karlsson setelah pertandingan.

Satu-satunya kemenangan Ochsenhausen didapat dari Simon Gauzy, yang dengan susah payah menundukkan jagoan muda Swedia, Anton Kallberg 3-2. Bagi Kallberg ini hanya kekalahan kedua dari 27 partai yang dia derita sepanjang musim ini di semua kompetisi.

Pelatih Dusseldorf, Dany Heister, sangat gembira malam itu. Pelatih asal Belanda itu baru saja memperpanjang kontraknya dengan Borussia Dusseldorf hingga 2023. “Apresiasi tertinggi layak diberikan kepada seluruh tim kami. Kami telah puasa gelar dalam dua tahun terakhir, jadi saya sangat senang bahwa tim telah bekerja dengan baik dua kali musim ini. Tim memiliki tujuan yang sama, kami berjalan ke arah yang sama, ini hal yang sangat menyenangkan.”

Sebaliknya untuk Ochsenhausen, final ini menjadi semacam penghiburan. Setelah memenangkan gelar ganda pada 2019, tahun lalu mereka harus merelakan satu gelar ke ASV Grunwettersbach (Piala Jerman), dan gelar lain ke FC Saarbrucken TT (Liga). Ini adalah final keenam berturut-turut untuk Ochsenhausen.

“Melawan Dusseldorf selalu berlangsung ketat, dan berakhir dengan baik untuk kami akhir-akhir ini,” kata Gauzy, “Sayangnya kali ini Dusseldorf yang menang. Tentu saja kami kecewa. Kami bermain dengan baik hari ini, tetapi yang lebih penting saya mengucapkan selamat untuk Dusseldorf.”

Nico Stehle, Direktur Pelaksana Bundesliga Tenis Meja, mengenang hari yang yang bersejarah dan sukses bagi tenis meja musim lalu. Setelah lebih dari 4600 penonton hadir di final Liebherr Cup musim lalu, dan mencetak rekor penonton, Final Four tahun ini harus dilaksanakan tanpa penonton karena pandemi.

“Sangat menyedihkan kami tidak bisa menerima para fans untuk hadir di Ratiopharm tahun ini. Olahraga hidup dari emosi dan atmosfer yang dihadirkan para fans, jadi kami berharap agar bisa segera menghadiri event olahraga,” kata Stehle.

Sumber berita:
https://www.ettu.org/en/n/news/2021/january/borussia-duesseldorf-clinched-the-title-at-the-liebherr-cup-final/

One thought on “BORUSSIA DUSSELDORF JUARA PIALA JERMAN 2021”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *