Tenis Meja Mania

Komunitas Tenis Meja Mania

Rossy Pratiwi Sapu Bersih 13 Medali Emas SEA Games

Rossy Pratiwi Sapu Bersih 13 Medali Emas SEA Games

Rossy Pratiwi Dipoyanti Syechbubakar atau yang lebih dikenal sebagai Rossy Pratiwi Dipoyanti atau Rossy Syechbubakar (lahir di Bandung, Jawa Barat, 28 Juni 1972) adalah seorang atlet tenis meja Indonesia yang berhasil mengumpulkan 13 medali emas, 8 medali perak, dan 8 medali perunggu selama kariernya sepanjang tahun 1987–2001 pada Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games). Selain itu, dia juga berhasil mengumpulkan 7 medali emas, 7 medali perak, dan 9 medali perunggu selama kariernya sepanjang tahun 1985–2008 pada Pekan Olahraga Nasional. Pencapaian tertinggi selama kariernya di dunia tenis meja adalah ketika dia menduduki peringkat dunia ke-17 pada nomor tunggal putri dan ganda putri bersama Ling Ling Agustin pada Olimpiade Musim Panas 1992 di Barcelona.

Rossy Pratiwi Sapu Bersih 13 Medali Emas SEA Games

Pada Pesta Olahraga Asia Tenggara 1989 di Kuala Lumpur, Malaysia, Rossy yang saat itu bermain sebagai atlet tenis meja Indonesia dari nomor tunggal putri memilih walkout di final melawan atlet tuan rumah pada tanggal 25 Agustus 1989. Hal tersebut diduga atas kecurangan sang wasit, Goh Kun Tee asal Malaysia yang memberikan angka gratis kepada atlet tuan rumah. Padahal, bola pukulan Rossy menyambar tipis bibir meja, namun wasit mengatakan keluar dan memberikan angka bagi lawan Rossy, Leong Mee Wan. Ketua Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia saat itu, Ali Said yang berada di arena pertandingan langsung menginstruksikan atlet dan ofisial tenis meja Indonesia untuk mengundurkan diri.

Setelah pensiun pada tahun 2009, sepanjang tahun 2010–2014 Rossy aktif sebagai pelatih tenis meja nasional. Rossy dipercaya melatih tim nasional tenis meja putri Indonesia pada SEA Games ke-XXVI tahun 2011 di Palembang dan melatih tim nasional tenis meja prakualifikasi Olimpiade di Bangkok, Thailand pada tanggal 4–5 Februari 2012. [ sumber ]

One thought on “Rossy Pratiwi Sapu Bersih 13 Medali Emas SEA Games

  1. Walaupun sekarang bukan atlet lagi, akan tetapi karena masih tetap exist di dunia tenis meja, diharapkan mampu mencipkan atlet2 baru yang lebih berprestasi. Terima kasih buat Rissy yang telah menorehkan tinta emas dalam sejarah Tenis Meja Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *