Tenis Meja Mania

Komunitas Tenis Meja Mania

Smart/Cerdas Dalam Bermain Tenis Meja

BUDAPEST, HUNGARY – [April 27]: Men’s Singles Semifinals FALCK Mattias SWE beatAN Jaehyun KOR 4/3 at the Liebherr 2019 ITTF World Table Tennis Championships on April 27, 2019 in Budapest, Hungary. (Photo by Remy Gros/ITTF)

Ada pernyataan menarik yang diungkapkan oleh Matthias Falck setelah menelan kekalahan dari Ma Long pada partai final Liebherr 2019 ITTF World Table Tennis Championships di Budapest, Hongaria bulan lalu. Adapun statement yang diungkapkan Matthis Falck seperti berikut:

” Today , I also learnt that not only tactics and skills work in Ma Long’s favour. He is a very clever player, who can adjust to all situation”.

Berdasarkan hal tersebut diatas dapat mengingatkan kita kembali bahwa dalam bermain tenis meja, tidak hanya taktik dan skill yang dibutuhkan untuk dapat memenangkan sebuah pertandingan. Akan tetapi faktor intelegensi/kepintaran sangat menentukan. Khususnya dalam hal ini kemampuan seorang pemain dalam menganalisa jalannya pertandingan dan melakukan adjustment/penyesuaian. Bisa dibilang seorang pemain itu memang harus “Smart”.

Hal ini sangat menentukan bagi seorang pemain dalam mengambil suatu keputusan yang tepat dan efektif dalam tekanan berat. Dalam mindset seorang pemain akan selalu berfikir, berusaha mencari peluang sehingga dapat dikonversikan menjadi sebuah point. Kitapun bisa berfikir akan hal seperti itu, akan tetapi akan sangat berbeda dalam suatu pertandingan yang mana kita berada dalam tekanan yang berat dan kondisi fisik yang lelah.

Oleh sebab itu, faktor mental juga sangat menunjang dalam berfikir. Seseorang yang mampu menguasai emosi atau sabar akan mampu berfikir dengan baik untuk dapat menentukan sikap dan tindakan dalam bermain. Akan berbeda jika seorang pemain mudah kalut dan mempunyai sikap temperamental dalam bermain yang akan membuat setiap tindakain tidak dalam control yang baik. Dalam hal ini saya melihat prinsip2 seperti itu ada pada karakter seorang Ma Long.

Dalam setiap pertandingan selalu tampil dengan cool/tenang dan tetap fokus. Walaupun dalam kehilangan momentum, tertinggal point dan kehilangan set pertandingan. Akan dapat kembali ke performa terbaik tanpa harus panik. Seorang pemain yang mempunyai Emotional Quotient (EQ) akan selalu mampu dalam me “manage” emosionalnya selama bertanding.

Kembali dalam Smart dalam bermain, ada beberapa step/stage yaitu:

  • Sebelum bermain.
    Seorang pemain harus mampu untuk mengetahui apa kelebihan atau keunggulannya sehingga dapat menjadi modal untuk memperoleh kemenangan. Konsisten dengan style bermain yang diyakini untuk menambah kepercayaan diri.

    Seorang pemain yang smart juga mampu untuk mengetahui kelebihan/keunggulan dan kelemahan serta style lawannya tersebut. Hal ini dapat diamati dari beberapa pertandingan lawan sebelumnya. Baik itu disaksikan secara langsung maupun dari rekaman berupa video. Berdasarkan inilah seorang pemain akan menyusun strategi apa yang harus disiapkan untuk diterapkan dalam pertandingan. Sehingga sewaktu bermain seorang pemain sudah mempunyai konsep yang akan diaplikasi dalam permainan.

  • Selama permainan/pertandingan
    Dalam mengaplikasi strategi yang sudah disiapkan, seorang pemain juga harus mampu untuk mengevaluasi terhadap seberapa besar efek / dampaknya terhadap keberhasilan. Kadangkala hal yang terjadi tidak sama seperti halnya diatas kertas.

    Pemain harus bisa berimprovisasi untuk menerapkan strategi dengan detail. Kadangkala jika hal yang terjadi diluar yang diprediksi, saat itu pemain harus mampu bermanuver dengan menerapkan “Second Opinion” atau biasa disebut dengan Plan B. Pemain harus mampu dalam tempo singkat mengadopsi instruksi dari coach.

    Selain hal tersebut, seorang pemain yang smart akan selalu mampu mengatur tempo dan ritme pertandingan. Selalu berusaha untuk tidak terbawa arus gaya permainan yang diterapkan lawan. Sehingga jika hal ini dapat dilakukan maka pemain tersebut akan dapat mendominasi pertandingan. Pemain yang Smart akan selalu memanfaatkan momentum yang baik untuk dapat menjaga konsistensi permainan.

    Demikian hal yang dapat saya uraikan, semoga dapat bermanfaat dalam mengembangkan kualitas permainan tenis meja kita. Terima kasih banyak atas semua attensi dan endorsement/dukungan rekan2 dan sobat2 TMM semua atas penghargaan Tread Terbaik oleh Tim Admin. Mohon maaf jika terdapat kekeliruan dalam penulisan. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang melaksanakan. Salam

Sumber : #Sentosa Budi Alluhri (FB TMM Diskusi) 12 Mei 2019. #ITTF


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *