Setiap penghobi bahkan atlet tenis meja memiliki keinginan kuat meningkatkan level permainan. Peningkatan ini tentu saja bisa didapat melalui latihan rutin dan jam terbang dalam pertandingan.

Saat menjalani latihan, seorang pemain bisa saja menemukan teknik baru, baik dalam memukul atau hal lainnya. Penemuan itu kemudian ingin diterapkan dalam kompetisi.

Dikutip dari Butterflyonline, sejumlah penghobi mungkin juga para pemain masih sering melakukan kesalahan dalam upaya meningkatkan permainan ini.

“Pembinaan Tenis Meja di Jepang, Bisa Ditiru Indonesia”

Tenik atau pukulan baru yang ditemukan pada sesi latihan belum tentu berjalan sesuai dengan rencana saat ‘hitungan’ atau dalam turnamen.

Seorang pemain perlu berhitung dengan cermat saat ingin meningkatkan permaianan, terutama dalam permainan.

Beberapa teknik baru yang dimiliki penghobi maupun pemain diterapkan saat bermain melawan lawan yang seimbang atau lebih kuat. Padahal, cara tersebut bisa berakibat fatal.

Karena itu, kali ini Redaksi TMM mencoba memberikan tips bagaimana meningkatkan kualitas permainan tenis meja ala Coach Larry Hodges.

Cara Meningkatkan Kualitas Permainan Tenis Meja:

1. Jangan Pilih Lawan Kuat

Banyak pemain yang ingin meningkatkan kualitas membuat kesalahan dengan mencoba melawan pemain yang lebih kuat. Hasilnya adalah lawan mengontrol permainan, dan yang bisa dilakukan si pemain hanyalah bereaksi terhadap pukulan pemain yang lebih kuat, atau melakukan tembakan liar.

Seorang pemain mungkin ingin mengembangkan beberapa tembakan dengan cara ini, tetapi akan sulit untuk mengembangkan tembakan baru atau untuk mempelajari bagaimana menggunakannya dalam situasi permainan.

Ilustrasi pertandingan tenis meja.

Pemain yang lebih kuat akan bisa menghentikan tekni baru milik Anda. Lawan yang kuat bisa bermain dengan lebih efektif, sehingga Anda tidak bisa mengembangkan teknik atau taktik baru tersebut.

Dengan begitu, Anda tidak akan memiliki cara untuk mengetahui apakah teknik atau taktik baru itu berhasil atau tidak, karena pemain yang lebih kuat akan memenangkan poin dengan mudah, dan tetap lebih kuat melawan sesuatu yang baru Anda coba atau belum dikuasai.

Setelah hal-hal baru tadi tidak berhasil melawan pemain yang lebih kuat, Anda cenderung akan berhenti menggunakannya dan tidak mengembangkannya lagi.

2. Pilih Lawan yang Lebih Lemah

Hal-hal yang yang Anda miliki akan lebih ideal dimainkan melawan lawan yang lebih lemah. Kembangkan teknik atau taktik tersebut melawan pemain dengan kelas seperti ini.

Dengan memiliki lawan yang lemah, Anda bisa lebih mengontrol permainan, karena Anda pemain yang lebih kuat. Cara ini memiliki peluang lebih bagus untuk mengetahui apakah hal-hal baru tersebut berhasil atau tidak.

Ilustrasi pertandingan tenis meja.

Contohnya: Anda ingin mengembangkan pukulan loop melawan backspin. Cara terbaiknya dalah melakukan servis backspin, dan mengembalikan bola dengan dorongan loop.

Pemain yang lebih kuat mungkin mengembalikan servis dengan dorongan/push pendek, dorongan cepat ke arah sudut, atau dorongan yang sangat berat, dan Anda tidak akan bisa mengembangkan pukulan dengan baik.

Sementara itu, pemain yang lebih kemah akan cenderung memberi Anda bola yang bisa Anda putar atau loop, yang Anda butuhkan sampai pukulan tersebut lebih berkembang.

3. Pakai Naluri

Anda perlu mengembangkan pukulan atau teknik dan taktik baru itu dengan naluri: kapan harus menggunakannya, bagaimana cara menindaklanjutinya atau pukulan berikutnya, dan lain sebagainya. Jika Anda bisa melakukannya melawan pemain yang lebih lemah, maka inilah saat ini mencoba melawan kompetisi yang lebih ketat.

“Cerdas Dalam Bermain Tenis Meja, Simak Tips-nya di sini”

4. Jangan Pikir Menang-Kalah

Jangan khawatir tentang menang atau kalah – ini adalah latihan – karena terkadang Anda pasti akan kalah ketika mencoba sesuatu yang baru, bahkan melawan pemain yang lebih lemah.

Anda bisa membayangkan betapa buruknya Anda ketika mencoba seusatu yang baru melawan pemain yang lebih kuat, apalagi dalam turnamen.

Ketika teknik baru Anda mulai berhasil melawan pemain yang lebih lemah, inilah saatnya mencobanya melawan rekan-rekan Anda dan pemain yang lebih kuat.

Selamat berlatih sobat Tenis Meja Mania!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *