Tenis Meja Mania

Komunitas Tenis Meja Mania

Yasaka Rakza 7 (R7)


YASAKA RAKZA 7 (R7)
Blade : Viscaria
Karet : Yasaka Rakza 7 (R7), Merah, sisi Backhand.
Lama pemakaian: 5 tahun, ganti setiap 8 bulan s/d 1,5 tahun.

Saya fans Yasaka, jadi penilaiannya tidak akan objektif.  Alasannya sentimentil karena pertama kali latian waktu kecil menggunakan Mark V, Yasaka terkenal dengan control karetnya yang bagus. Jadi walaupun muncul karet dari berbagai merk Yasaka ini tetap mendapatkan tempat di hati. Tapi sy bukan penggemar bet Yasaka. Namun prestasi Liang Jingkun dan Mattias Falck membuat bet Yasaka dilirik kembali.

Rakza 7 adalah karet BH yg sangat spiny. Grippy bukan tacky spt karet DHS dkk. Dengan harga yang moderat: anggap saja harganya pas 500 ribu. Cukup ramah di kantong untuk karet yang mendapat review bagus dari revspin dan pingsunday. Berikut sumber informasi https://revspin.net/rubber/yasaka-rakza-7.html dan https://pingsunday.com/choose-best-backhand-rubber/. Speednya juga moderat untuk karet jaman now, banyak yang lebih kenceng. Namun karet yang sangat grippy juga bagai pisau bermata dua, terutama saat menerima servis, bila anda salah menilai putaran bola anda akan langsung dihukum kehilangan point. Mudah gripis pinggirnya, sedangkan R9 tidak mudah gripis. Anehnya saat baru malah kurang enak, namun setelah 2 minggu baru terasa lebih spinny dan stabil, puncaknya setelah dipakai 1 bulan. Biasanya saya pakai minimal 1 tahun, setelah itu spon nya lebih pelan namun malah makin spinny. Bila anda ngirit bisa tahan 2 tahun.

Untuk warna merah terasa sedikit lebih keras dan speedy, throw angle nya juga lebih rendah dari yang hitam. Sedangkan yang hitam terasa lebih soft, namun lebih spinny dan lebih tinggi trow angle nya, Butuh waktu untuk memahami karakternya. Saya tidak menemukan feel yang baik di FH. Sedangkan Rakza 9 di FH terlalu kencang, buat blok kadang bola mental keluar. Sementara T80 FX Hitam adalah jawaban yang sempurna buat FH saya.

Servis:
BH servis, bila anda mengerti caranya akan menjadi servis yang mematikan. BH servis panjang dengan paduan Heavy side spin, dan underspin, akan membuat lawan salah menilai putarannya. Putaran nya paling tinggi, dan bola nya rendah, dan paling cepat drp karet2 yg pernah sy coba.

Penerimaan servis:
Penerimaan servis juga tricky karena sangat grippy. Terutama heavy side spin, tomahawk dan BH servis.

Chop:
Dengan viscaria R7 ini sangat tajam buat chop, saya sudah coba berbagai macam karet tapi ini lah yang terbaik buat chop. Bukan chopper seperti Joo Se Hyuk, namun chop pemain serang yang membutuhkan chop yang dalam (dekat garis) untuk menganggu lawan dengan underspin dan penempatan yang cepat.

Blok:
Yang unik dari karet ini adalah walapun sanggat grippy tetapi stabil buat blok. Anda juga dapat menggunakan teknik blok aktif, dengan menggesek bola kesamping, sangat akurat . Bola menjadi ada efek yang membuat lawan tidak nyaman, karena ada sedikit side spin.

BH Top Spin:
Lebih mudahnya anda dapat melihat teknik yang dipakai Lin Gaoyuan dan  Liu Shiwen, posisi bet hampir 90 derajat (bukan berarti saya dapat melakukan sebaik pemain pro, tp gambarannya seperti mereka). Bukan teknik BH yang dipakai Wang Hao. Lebih main di topsheet, bukan di spon, berbeda dengan tenergy yang terasa “bantat” (spt di istilah kue, heeemmm beberapa hal lebih mudah dirasakan dari pada dijelaskan dg kata-kata)

Smash:
Smash di BH juga mudah dilakukan, anda harus lebih focus di pergerakan wrist (pergelangan tangan)  bukan siku. Siku sebagai release gerakan aja. Namun untuk R7 hitam di FH trow angle nya ketinggian buat smash, harus ambil diatas bola.

Flick:
Untuk menerima servis dengan flick, sangat tergantung skill. Untuk bola underspin bila anda memaksa BH flick hanya akan menghasilkan bola tanggung yg mudah diserang, kecuali anda memang expert.

Menurut kitab2, orang yang belum bisa melakukan sesuatu (belum sampai) akan sering menjelaskan dengan kata-kata. Sedangkan orang yang “sudah sampai” tenggelam dalam “khal” (suasana) pingpong, sehingga tidak sempat bercerita. Dengan penjelasan yang panjang ini, membuktikan bahwa sy cuma bisa cerita, belum bisa praktek. Menjelaskan sesuatu yang belum sepenuhnya dimengerti.

Selamat menjalankan Ibadah puasa bagi yang menjalankannya.  Mohon maaf Lahir batin.

Happy Weekend, Fellas.

Oleh : Capman Binbin (FB TMM Diskusi), tanggal 03 Mei 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *